Akibat Buruk kalau Terlalu Sering Menyalahkan Orang Lain

Contohnya :putus pacar menyalahkan si mantan, gagal kuliah menyalahkan dosen, gagal dalam pekerjaan menyalahkan atasan atau rekan kerja, dan lain-lainnya (pokoknya semua bukan salah saya!).
1. Mendapat Cap Tidak Bertanggung Jawab
Jika sesuatu yang disalahkan adalah pihak luar, kelamaan orang di sekeliling kita akan menganggap bahwa kita tidak bisa diberi tanggungjawab tertentu. Akibatnya karir maupun kehidupan kita akan segitu-segitu saja, tidak ada peningkatan. Seseorang yang mengakui kegagalannya akan mendapatkan respek dari orang lain, dibandingkan orang yang menyalah-nyalahkan pihak lain karena kegagalan yang ia alami.
2. Menghambat Proses Kedewasaan
Ketika membuat kesalahan orang umumnya akan mencari alasan atau menghindar. Atau bahkan sekedar menangis untuk dikasihani. Hal ini bisa dimaklumi bila berhadapan dengan orang disekitarnya. 
3. Merusak Hubungan Dengan Orang Lain
Siapa yang suka bila dipersalahkan oleh orang lain? Tentu tidak ada , apalagi kalau hal tersebut tidak ada hubungan dengan dirinya. Saat kita menyalahkan orang lain atas kondisi kita, orang tersebut pasti merasa tidak enak. Lama kelamaan orang-orang di sekeliling kita akan malas untuk berurusan dengan kita sendiri. Takut kalau jadi sasaran tembak bila kita mengalami kegagalan. Saat berada dalam posisi tertentu di dalam kelompok maupun pekerjaan, menyalahkan anak buah atau atasan akan membuat kita terlihat tidak kompeten. Kesannya semua beban kerja diserahkan ke orang lain, sehingga kalau ada kegagalan, itu merupakan kesalahan orang lain. Sering bertingkah seperti ini, maka tidak perlu waktu lama kita akan menjadi orang yang tidak disukai di lingkungan kerja.
4. Tidak Ada Peningkatan Kemampuan 
Orang yang terlalu banyak menyalahkan kondisi di sekelilingnya, secara tidak langsung malas untuk meningkatkan kemampuan dirinya sendiri. Karena menganggap, untuk apa berusaha, toh nanti karena suatu kondisi akan gagal juga. Ibarat pemain sepakbola, malas bertanding, karena menganggap toh nanti akan kalah karena wasit memihak lawan.
5. Tumbuh sebagai Seorang Pengecut
cinta segi 3
Orang yang suka menyalahkan pihak lain, umumnya tidak berani mengambil tanggung jawab. Atau bila mengambil beban kerja, ia akan mengambil pekerjaan yang mudah. Sedangkan pekerjaan sulit diserahkan kepada orang lain. Dia terkesan melempar tanggungjawab kepada orang-orang di sekitarnya, menjadikannya seperti seorang pengecut dalam pertempuran.
 Sumber: isipulsa.co.id

Dowloads Aplikasi Isipulsa.co.id  dibawah ini, klik gambarnya.

  
 
Untuk Mendaftar Jadi Agen Pulsa  Klik Gambar di Bawah Ini

Redaktur Oleh : Lipson Sugianto

Leave a comment