Apple Beli Pabrik Maxim Integrated Product Rp 255 Miliar

Apple Beli Pabrik Maxim Integrated Product Rp 255 Miliar

Apple baru-baru mengeluarkan hibah dari Rp 18.200.000, atau sekitar Rp 255 miliar (USD 1 = Rp 14.000) untuk membeli produsen chip San Jose, Amerika Serikat. Fasilitas pabrik seluas setengah hektar relatif kecil untuk perusahaan kelas Apple.
Pabrik milik Maxim Integrated Product rupanya dibeli memakai merek-baru uji chip untuk digunakan dalam produk-produk terbaru Apple. Memang tidak aneh, karena lokasi berdekatan dengan fasilitas manufaktur tanaman Samsung Semiconductor, salah satu perusahaan yang memproduksi prosesor Apel A9, yang digunakan di iPhone terbaru.
 
Rumor yang beredar menyebutkan bahwa Apple ingin terlibat lebih dalam membuat pesan mereka prosesor chip. Saat ini Apple hanya desain prosesor, sedangkan produksi aktual dilakukan oleh Samsung dan TSMC.
Tapi ini tidak berarti bahwa perusahaan Cupertino berbasis akan menjadi co-diproduksi chip prosesor. Masalahnya adalah, mereka membeli fasilitas pabrik disebut terlalu kecil. Dalam iklan tersebut, Pabrik ini cocok untuk memproduksi chip yang disebut prototipe, pilot, dan produksi dalam jumlah kecil.
Kemudian teknologi yang digunakan di pabrik Maxim itu juga disebut tidak cukup canggih untuk menghasilkan prosesor Apel A9, yang menggunakan fabrikasi 14 nm dan 16 nm. Pabrik ini hanya mampu memproduksi chip dengan fabrikasi 90 nm setidaknya, dikutip Business Insider, Rabu (2015/12/16).
Redaktur: Lipson 

Leave a comment